14 Juni, 2009

Mengapa Harus Tauhid

Melihat kondisi umat Islam yang kian hari makin memprihatinkan, muncullah pertanyaan bagi mereka yang punya semangat berdakwah, “Apa yang mesti didakwahkan?”
Jawabannya ternyata beragam. Ada yang memulai dengan ingin menegakkan pemerintahan Islami, kemudian terjun ke politik atau menyerukan penegakan hukum Islam dengan turun ke jalan-jalan. Ada lagi yang berpindah-pindah dari masjid ke masjid, yang katanya bertujuan untuk amar ma’ruf nahi munkar. Namun, umumnya mereka semua menghindari masalah pemurnian akidah, sebab dianggap akan merintangi dakwah dan mengganggu persatuan umat.
MISI DAKWAH SEMUA RASUL
Jika kita mau menengok Al Quran, dalam surat Al A’raf saja akan terdapat beberapa ayat yang menyebutkan tentang misi dakwah para rasul. Di antaranya, “Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya lalu ia berkata, ‘Wahai kaumku sembahlah Allah, sekali-kali tak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya (kalau kamu tidak menyembah Allah), aku takut kamu akan ditimpa azab hari yang besar (kiamat).’” (Al A’raf: 59)
“Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Aad saudara mereka, Hud. Ia berkata, ‘Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain dari-Nya. Maka mengapa kamu tidak bertakwa kepada-Nya?’” (Al A’raf: 65)
“Dan (Kami telah mengutus) kepada penduduk Madyan saudara mereka, Syu’aib. la berkata: “Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya.’” (Al A’raf: 85)
Perhatikanlah, sekalipun umat para rasul itu berbeda-beda dan beragam pula permasalahnnya, akan tetapi dakwah kepada tauhid ini tetap menjadi dasar yang paling penting, baik yang mereka hadapi masalah ekonomi seperti kaum Madyan atau masalah politik. Karena mereka (umat tersebut) waktu itu tidak berhukum dengan hukum yang diturunkan Allah.
RASULULLAH DAN TAUHID
Rasulullah sebagai panutan kita memberikan teladan mengenai bagaimana pentingnya perkara tauhid bagi umatnya. Terbukti dalam perjalanan hidupnya, beliau tak henti-henti memerhatikan dan mendakwahkan masalah ini.
Berkata Syeikh Mubarak Al-Maili “Nabi tidak henti-hentinya melarang manusia menjadikan patung-patung sebagai sekutu-sekutu bagi Allah, padahal beliau sendiri (di Mekah). Beliau tidak pernah melalaikan dakwah tauhid walaupun diboikot oleh beberapa kabilah suku Quraisy selama 3 tahun hingga mengalami kesulitan hidup.
Beliau tidak pernah melupakannya sekalipun sedang bersembunyi dari kejaran musuh yang berusaha keras mencarinya. Beliau tidak pernah berhenti membicarakan tauhid walaupun beliau telah memperoleh kemenangan di Madinah dan di antara para pembelanya.
Beliau tidak pernah berhenti menyelami dan membahasnya sekalipun kota Mekah telah dibuka dan ditundukkan. Beliau tidak lalai darinya mestipun sibuk berjihad, menyerang musuh, kemudian meraih kemenangan.
Beliau tidak mencukupkan dengan hanya mengajak dan meminta baiat para pengikutnya untuk tetap berjihad, tetapi lebih dari itu beliau mengingatkan mereka untuk mengembalikan kehormatan baiat tersebut dengan berjalan di atas tauhid dan menghapus kesyirikan. Inilah kisah perjalanan hidup yang ditempuh oleh beliau yang terekam dalam sejarah dan benar-benar merupakan kenyataan…”
YANG PERTAMA KALI DIDAKWAHKAN
Rasulullah juga memberikan petunjuk kepada para juru dakwah agar tauhid menjadi prioritas utama. Ibnul Qayyim mengatakan bahwa tauhid merupakan kunci dakwah para rasul. Sebagaimana disebutkan dalam hadits Muadz, Rasulullah bersabda kepada Mu’adz tatkala mengutusnya ke Yaman, “Sesungguhnya kamu akan mendatangi kaum ahli kitab, maka hendaknya dakwah pertama kali yang kamu sampaikan kepada mereka ialah syahadat “laa illaaha illallah” Dalam riwayat lain disebutkan, “Supaya mereka mentauhidkan Allah.” Jika mereka telah mematuhi apa yang kamu dakwahkan itu, maka sampaikanlah bahwa Allah mewajibkan kepada mereka salat lima waktu sehari semalam. Jika mereka telah mematuhi apa yang telah kamu sampaikan itu, maka sampaikanlah kepada mereka bahwa Allah mewajibkan kepada mereka zakat yang diambil dari orang-orang kaya di antara mereka untuk diberikan kepada orang-orang fakir. Jika mereka telah mematuhi apa yang kamu sampaikan itu, maka jauhkanlah dirimu dari harta pilihan (yang baik-baik) mereka; dan jagalah dirimu dari doa orang yang teraniaya, karena sesungguhnya tiada suatu penghalang pun antara doanya dengan Allah.” (Riwayat Al-Bukhari dan Muslim)
Oleh karena itu, jangan sampai cahaya tauhid ini menjadi padam, lantaran adanya anggapan bahwa tauhid telah bersemayam di hati setiap manusia. Cobalah perhatikan bagaimana Nabi Ibrahim, pemimpin orang-orang yang bertauhid, berdoa agar tidak jatuh dalam kesyirikan!
Inilah doanya, “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata,”Ya Rabbku, jadikanlah negri ini (Mekah), negri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala. Ya Rabbku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia.” (Ibrahim: 35-36)
Berkata Mughirah bin Miqsam, “Pernah Ibrahim At-Taimi berkata, ‘Siapakah orang yang merasa aman dari bencana terjatuh kepada syirik setelah Khalilullah Ibrahim, yang berkata, ‘Jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala?’” (Riwayat Ibnu Jarir di dalam Tafsir-nya)
Untuk itulah, sebagai seorang muslim yang baik kita seharusnya mencontoh Nabi baik dalam masalah dakwah maupun masalah lainnya. Bukannya mencari cara lain yang belum teruji keberhasilannya.
Sumber :
Abdul Malik bin Ahmad Ramdhani, Sittu Duror (Landasan Membangun Jalan Selamat), Cet. I, Media Hidayah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar